Ahmad Masykur's Log

Secarik kertas maya tempat tulisan sedikit ketikan papan ketik Ahmad Masykur.

Wednesday, December 20, 2006

Nama Anak Pertamaku

Alhamdulillah... Hari ini anakku telah memasuki usianya yang ke-8 hari. Hari ini tali pusar pertamaku telah lepas (puput). Saatnya memberi nama.
Sebelum kelahiran anak pertamaku, saya dan istri telah menyiapkan nama buat si kecil yang berasal dari Bahasa Arab (diambil dari Internet dan tanya teman di Saudi). Beberapa hari setelah kelahiran anak pertamaku ini, saya mencoba mengecek dalam kamus Arab-Indonesia. Sungguh kaget, Astaghfirullah. Nama yang telah saya siapkan ternyata punya arti lain (bertolak belakang dengan yang dimaksud di Internet). Setelah dicek di kamus lain ternyata juga sama, nama tersebut mengandung arti yang sangat jelek.
Tahu arti nama yang disiapkan tidak baik, selama dua hari aku berusaha mencari nama pengganti dari Al-Qur'an, Tafsir Ibnu Katsir, Kamus dan sumber lain yang bernuansa Islami. Setelah mencari dan berkonsultasi dengan Bapak Mertua (K.H. Slamet Khanif Al-Maafi), akhirnya saya menetapkan nama "Aufi Atqiya Balqis" (عوف الأتقياء بلقس ). Aufi diambil dari nama Sahabat Rasul Al-Aufi. Atqiya diambil dari kata Atqiya' (الأتقياء) yang artinya Taqwa. Balqis diambil dari nama seorang ratu dari negeri Saba' pada zaman Nabi Sulaiman (sekitar tahun 1000 SM). Negeri Saba' adalah negeri super power pada masa itu yang memiliki kekuatan militer sangat kuat dan memiliki wilayah kekuasaan yang sangat luas di Semenanjung Tanah Arab terutama di Yaman. Ratu Balqis adalah sosok wanita yang cermat dalam melakukan tindakan/mengambil keputusan, cerdas dan mau menerima kebenaran. Sebalum tunduk kepada Nabi Sulaiman, Ratu Balqis dan seluruh rakyatnya adalah penyembah matahari. Setelah menerima surat dari Nabi Sulaiman untuk beriman dengan aqidah tauhid dan membacanya berulang kali, Ratu Balqis akhirnya tunduk kepada Nabi Sulaiman untuk memeluk agama tauhid. Ratu Balqis terkenal sebagai Ratu yang sangat cantik dan konon Nabi Sulaiman membuat istana di atas air untuk bisa melihat betis Ratu Balqis (yang indah seperti kaki khimar) saat melintas di atas istana tersebut.
Saya mengambil nama "Aufi Atqiya Balqis" dengan harapan anak saya menjadi anak yang taat beragama, taqwa dan hanya takut kepada Allah, cantik, cerdas dan menghormati kedua orang-tuanya.

4 Comments:

At 8:37 am, Blogger adnan said...

Selamat atas kelahiran anak pertamanya.
Nama yg cantik, semoga anak tersebut secantik namanya, dan semoga sesuai dengan harapan dari orang tuanya. Amieen.

 
At 1:43 pm, Blogger Uut Pribadi said...

nama adalah sebuah doa dari orang tua. Tentunya orang tua menginginkan anak2 nya menjadi orang yang soleh/ solekhah berguna bagi agama bangsa dan negara. amin
Berarti dirimu bertambah tanggung jawab

 
At 1:06 am, Blogger tes said...

Selamat jadi bapak baru ! Ngga kasih kabar ya kalo udah punya momongan... :)

 
At 11:41 pm, Blogger alex atma said...

https://shafiqolbu.wordpress.com/2012/01/04/nama-nama-yang-dilarang-islam/

 

Post a Comment

<< Home