Ahmad Masykur's Log

Secarik kertas maya tempat tulisan sedikit ketikan papan ketik Ahmad Masykur.

Wednesday, October 04, 2006

Internet Virtual Storage

Sign up for DriveHQ.com.
Beberapa hari yang lalu, saat kubuka surat elektronikku, saya tertarik dengan salah satu pesan dari Pak Sulistyo Kusumo Wardoyo yang isinya menginformasikan berita yang kucari. Waktu itu saya sudah berada di Jakarta namun lupa untuk membawa data penting yang dibutuhkan. Biasanya sebelum bepergian saya sempatkan untuk unggah (upload) dulu berkas tersebut di Yahoo! briefcase. Mengingat kapasitas penyimpanan di Yahoo! briefcase-ku sudah hampir habis (kapasitas maksimum 30MB), saya pikir tidak diunggah dulu.
Dengan adanya Internet Virtual Storage atau kadang disebut online storage, saya sangat dimudahkan dalam mengakses berkas yang disimpan -- terutama berkas rahasia yang tidak boleh diketahui siapapun -- dimanapun aku berada selama ada hubungan ke Internet. Metode penyimpanan seperti ini saya anggap lebih aman daripada disimpan di Laptop atau Flash Disk karena untuk mengakses data tersebut dibutuhkan autentikasi terlebih dahulu. Oleh karena itu saya tidak penah menyimpan data rahasia di Laptop maupun Flash Disk.
Mengingat kapasitas penyimpanan di Yahoo! briefcase sudah hampir habis, aku berusaha mencari layanan sejenis dengan kemampuan lebih besar. Akhirnya aku temukan DriveHQ dengan kapasitas 1GB dan dapat diakses melalui FTP.
Bagi semua yang ingin memiliki tempat penyimpanan online dapat mendaftar dengan klik di sini.